alat musik tradisional lampung

Alat Musik Tradisional Dari Lampung

Lampung adalah satu propinsi yang terdapat paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, letak Ibukotanya di Bandar Lampung. samping utara bersebelahan dengan Sumatera serta Bengkulu Selatan. Seperti umumnya satu daerah yang beda, Lampung juga mempunyai beragam macam type musik, dari mulai type tradisionil sampai moderen (musik moderen yang mengambil kebudayaan dalam musik global).

alat musik tradisional lampung
gambar alat musik tradisional lampung

Mengenai type musik yang masih tetap bertahan hingga saat ini yaitu Classic Lampung. Umumnya type musik ini disertai oleh alat musik gitar akustik serta gambus. Mungkin saja musik type ini adalah kombinasi budaya Islam serta budaya asli tersebut.

Alat Musik Tradisional Lampung

1. Gambus lunik atau Gambus anak buha

Alat musik Gambus yaitu alat musik tradisionil yang di mana penebarannya terkait dengan penebaran ajaran agama Islam di Nusantara. Tetapi dalam perubahannya, pemakaian alat musik Gambus ini dipakai dengan syair berbahasa Melayu, bahkan juga diperlengkapi dengan juga instrument yang lain.

2. Gamolan

Gamolan nyaris serupa dengan alat musik gamelan yang datang dari daerah Jawa. Cuma saja Gamolan yang ada di Lampung ini terbuat dari susunan-susunan bambu yang lalu diikat dengan tali senar yang langkah membuatnya dengan rancangan spesial.

Umumnya gamolan ini alat musik yang dimainkan saat diselenggarakan ketika proses acara-acara kebiasaan spesifik di Propinsi Lampung.

Mulai sejak era ke 4 masehi alat musik ciri khas Lampung ini telah ada, walau demikian s/d sekarang ini banyak orang-orang Lampung yg tidak ketahui apa alat musik tradisionil Gamolan ini.

Semasing delapan bilah bambu mewakili untuk delapan tangga suara, yakni do re mi fa so la si do. Sesaat, gamolan moderen cuma terbagi dalam tujuh bilah bambu yang mewakili tujuh tangga suara. Tangga suara yang hilang ada satu yakni tanga suara fa.

3. Kompang atau Khaddap

Kompang yaitu semacam alat musik tradisional Lampung yang termasuk juga dalam kelompok type musik gendang. Kulit kompang umumnya di buat dari kulit kambing. Alat musik ini datang dari Negri Arab, ada pula yang memiliki pendapat kalau kompang alat musik tradisionil lampung ini datang dari Parsi yang dipakai untuk menyongsong datangnya Rasulullah S. A. W. pada saat itu.

Kompang terbagi dalam beragam ukuran. Ada diameter umum 22, 5 cm dengan diameter, 25 cm, 27, 5 cm dan sekitaran 35 cm panjangnya. Kompang bermain ganda dalam tempat duduk, berdiri atau jalan.

Beberapa teman dekat dimainkan dengan ke-2 tangan. Satu tangan memegang kompresor, serta satu tangan menghimpit kompresor. Didalam permainan kompang ada tiga ritme, yakni ketukan, ketukan, serta istirahat. Ketukan yang seringkali dimainkan yaitu ketukan normal.

Sepakan yaitu suara di tengahnya tembakan, yang nampaknya jadi istirahat sebentar. Sesaat irama dimainkan kembali pada beat lagu pertama.

4. Kerenceng atau Terbangan

Kerenceng atau terbangan ini yaitu alat musik tradisional Lampung yang di buat dari kayu serta kulit kambing. Alat musik ini umumnya dipakai untuk menemani vokal, baik dalam acara ngarak atau ngiring (buharak) berbentuk tabuh lama (butabuh) serta disertai lagu-lagu dalam tabuh baru (diperbaru).

5. Sekhdap serta Bekhdah

Alat musik ini nyaris sama juga dengan Kerenceng atau Terbangan, cuma saja alat musik tradisionil lampung yang satu ini mempunyai ukuran semakin besar bahkan juga ukurannya ada yang menjangkau diameter 100 cm.

6. Serdam

Serdam adalah alat musik tradisionil lampung lewat cara memainkannya ditiup seperti suling yang terbuat dari bambu tidak tebal dengan lubang empat 4, 3 diatas serta 1 dibawah, dudukan tiup di ujung dengan sistem persilangan udara pada kulit bambu.

7. Cetik (Kulintang Pekhing)

Alat musik yang satu ini merupakan alat musik yang berbahan baku betung yang merupakan sebutan dari bambu besar, bambu yang sudah tua maka menambah kualitas dari bambu tersebut.
Serta telah mati (Lpg : mati temegi). Ruas bambu dibelah dengan ukuran 5 x 30 cm, sedang untuk dudukannya (rancak) di beri besar lubang dengan lebar 7 hingga 10 cm serta panjang 45 cm.

8. Akordeon saya juga akan ambil Harmonium

Alat musik tradisionil lampung ini terbuat dari logam. Harmonium itu adalah sisi dari orkes gambus yang dimainkan dengan rebab serta biola.

9. Membaring

Alat lampu tradisionil ini terbuat dari kayu. Membling yaitu alat musik tembus dua arah. Bentuk simpul serupa dengan Batak atau casing.

10. Gendang

Alat musik tradisionil lampung ini terbuat dari kayu serta kulit binatang. kulit binatang yang umum di pakai yaitu kambing, sapi atau kerbau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *