Kulit Berkerut

Inilah Yang Terjadi Pada Kulit Setelah Umur 40-an

Secara berangsur-angsur, kulit yang menua akan mengalami perubahan. Kecepatan terjadinya proses penuaan kulit sangat tergantung pada asupan nutrisi, air dan perlindungan kulit yang kita lakukan. Berikut beberapa perubahan kulit setelah umur anda mengijak umur 40-an:

  • Kulit menjadi kendur karena kehilangan jaringan elastin kulit.
  • Kulit menjadi lebih transparan dan lebih rapuh akibat penipisan epidermis (lapisan permukaan kulit) dan dermis (lapisan kulit di bawah epidermis)
  • Kulit menjadi lebih mudah memar. Hal ini disebabkan dinding pembuluh darah menipis.

Kulit menjadi lebih kering dan gatal, terutama saat cuaca atau suhu ruangan terlalu panas dan kering. Hilangnya kelenjar minyak saat kita menua dapat memperburuk kulit kering. Terlalu sering menggunakan sabun atau mandi air panas akan membuat masalah lebih buruk.  Baca juga cara mengatasi rambut rontok

Produksi kolagen (jaringan fibrosa yang membuat kulit kuat) dan elastin (yang membuat kulit fleksibel) menurun sehingga kulit mudah pecah-pecah.

Lapisan lemak di bawah kulit menipis. Lapisan ini berfungsi sebagai bantalan untuk kulit, membantu melindungi dan mendukungnya. Lapisan lemak juga membantu menghemat panas tubuh.

Jumlah ujung saraf di kulit berkurang. Akibatnya, orang menjadi kurang sensitif terhadap rasa sakit, suhu, dan tekanan, dan luka.

Jumlah kelenjar keringat dan pemhuluh darah herkurang, demikian pula dengan aliran darah pada lapisan dalam kulit. Akihatnya, tuhuh tidak memindahkan panas dari dalam tuhuh ke permukaan dengan baik. Selain itu, ketika aliran darah menurun, kulit juga cenderung lebih lamhat dalam menyemhuhkan luka.

Jumlah pigmen yang memproduksi sel (melanosit) menurun. Akihatnya, kemampuan kulit melindungi diri dari paparan ultraviolet (UV) berkurang. Bintik-bintik coklat kehitaman seringkali muncul sebagai dampaknya.

Tahi lalat dan kerutan wajah mungkin muncul lebih hanyak setelah usia 40an. Periksakan ke dokter kulit jika Anda memperhatikan adanya peruhahan atau pertumhuhan kulit.

Kemampuan kulit membantu pembentukan vitamin D dari sinar matahari berkurang sehingga risiko kekurangan vitamin D meningkat. Artikel menarik lainya bisa dilihat disini.

Kerutan Kulit Mulai Terlihat Jelas

Kulit Berkerut

Saat kita menua, kulit kita akan menajdi lebih kasar, lebih kering, dan kurang elastis. Kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kerusakan juga berkurang. Akhirnya, kerutan dan garis- garis keriput terbentuk pada kulit. Keriput cenderung muncul lebih cepat di bagian tubuh yang menerima paparan matahari paling banyak, yakni punggung tangan, wajah, leher dan lengan atas. Penuaan juga mungkin mengakibatkan beberapa tumor jinak muncul pada kulit akibat radikal bebas yang merusak.ampir tidak ada orang yang ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Banyak produk kosmetik di pasaran menjanjikan penampilan lebih muda, namun penuaan bukanlah sesuatu yang dapat dicegah. Keriput atau kerutan pada kulit adalah bagian tak terelakkan dari proses penuaan alami. Kita bisa memperlambat kedatangannya, namun tidak bisa benar-benar menghindarinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *