penuaan dini

Tips Mengatasi Penuaan Dini Berdasarkan Usia

Penuaan dini merupakan proses alamiah yang sampai sekarang belum ada obatnya. Saat ini, hal yang bisa dilakukan baru sebatas pencegahan dan beberapa cara mengurangi secara perlahan namun tetap tidak menghilangkan. Akan tetapi, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Apalagi, proses pencegahannya pun tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan uang banyak. Berikut beberapa tips yang dapat membantu menjaga kulit awet muda secara alami. Hindari pula berbagai macam obat antibiotik.

  1. Usia 18-25 Tahun

penuaan dini

Usia ini merupakan masa di mana gejolak muda masih membara untuk melakukan dan mencoba ber- bagai hal. Oleh karena itu, jangan sia-siakan masa muda dengan hidup buruk. Mulailah untuk men- jalani hidup sehat yang dapat memperlambat proses penuaan, yaitu dengan menjauhi minuman dan ma- kanan tidak sehat, serta mengonsumsi makanan se-
hat. Minumlah sekitar 2/8 ons vitamin D setiap hari, dilengkapi dengan susu. Pastikan untuk memperba- nyak konsumsi makanan kaya vitamin C, magnesium, vitamin K, dan fosfor. Selain itu, lindungi kulit dari sinar ultraviolet menggunakan lotion yang mengan- dung SPF 30 sehari dua kali. Dan, yang terpenting adalah menghindari kebiasaan merokok dan minum- minuman keras. Akan lebih baik lagi jika melakukan olahraga yang cukup.

  1. Usia 25-35 Tahun

Pada masa ini, seseorang akan mengalami ba- nyak perubahan, mulai dari karier sampai pernika- han. Untuk itu, pada usia ini seseorang hendaknya menghentikan kebiasaan buruk yang berhubungan dengan kesehatan. Kare- na pada usia tiga puluhan kerutan mulai bermuncu- lan, maka mulailah mem- perbaiki kondisi kulit.

Bila perlu, konsultasikan kepada dokter kecantikan sebelum menentukan pili- han krim yang pas untuk kulit wajah. Ingat, jangan asal memilih krim anti- uging. Di usia ini, lemak juga mulai terbentuk, se-
hingga sangat penting untuk menjaga berat badan ideal. Sebaiknya kurangi asupan gula, lemak, dan mulailah berolahraga.

  1. Usia 35-45 Tahun

Pada usia ini, terjadi perubahan pada kulit dan otot tubuh, bahkan akan tampak jelas dibanding masa sebelumnya. Oleh karena itu, mulailah melaku- kan reguler check-up agar terhindar dari penyakit mematikan.

  1. Usia 45 Tahun ke Atas

Pada masa ini, terutama perempuan, akan mera- sakan kesepian dan kecewa. Salah satu cara untuk mengatasi mood ini adalah dengan bergabung pada kegiatan kemasyarakatan, mempelajari hal-hal baru, dan menyibukkan diri dengan hobi. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan berolah- raga.

Baca pula berbagai macam tips kesehatan ibu hamil lainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *